4 Makna Penting Tradisi Bakumpul Basudara Warga Siri Sori Islam

Caraniar - 4 Makna Penting Tradisi Bakumpul Basudara Warga Siri Sori Islam - Bakumpul basudara atau dikenal dengan bahasa daerah siri sori islam LOUWE BASUDARAO, bukan sekedar seremonial belaka. Tradisi yang sudah turun temurun tetap terjaga ini, ternyata menyimpan makna yang sungguh luar biasa.

4 Makna Penting Tradisi Bakumpul Basudara Warga Siri Sori Islam
4 Makna Penting Tradisi Bakumpul Basudara Warga Siri Sori Islam

Bagi sebagian besar warga Siri Sori Islam, mungkin ada yang belum memaknai secara mendalam, arti dari tradisi louwe basudarao yang sejak dulu dijalankan. Nah, kali ini kita akan sama-sama mengkaji betapa pentingnya tradisi bakumpul basudara warga siri sori islam, serta kedalaman makna yang terkandung didalamnya. 

Baca Juga : Rumatiga Ajak ASN Kemenag Malteng Teladani Nabi Muhammad SAW

1. Bakumpul Basudara Meringankan Beban Keluarga  

Bakumpul basudara biasa dilaksanakan oleh warga siri sori islam, jika ada keluarga yang berhajat untuk menikahkan anak mereka. Wajib bagi keluarga yang hendak berhajat, untuk menyelenggarakan acara atau tradisi bakumpul basudara. 

Bakumpul tidak sekedar pertemuan biasa, namun bertujuan untuk mengumpulkan warga siri sori islam yang peduli dan terpanggil untuk membantu warganya. Kepedulian tersebut dapat berupa sedekah uang ataupun barang yang diberikan secara sukarela. Kepedulian dan sumbangsi warga dapat meringankan beban keluarga yang sedang berhajat. 

Dengan hasil sedekah yang dikumpulkan, pihak keluarga akan merasa ringan dan mudah untuk melangsungkan acara pernikahan anaknya tanpa beban sedikitpun. 

2. Bakumpul Basudara Bernilai Sedekah

Siapa sangka tradisi bakumpul basudara, mengajarkan kita tentang amalan sedekah. Sumbangan atau sedekah berupa uang yang kita berikan secara suka rela, akan bernilai sedekah jika kita lakukan hanya semata-mata mengharapkan ridho dari Allah SWT. 

Inilah yang harus disyukuri oleh warga siri sori islam. Tradisi yang telah digagas oleh para leluhur, ternyata tidak sia-sia, melainkan telah dipikirkan secara matang faedah yang akan dihasilkan dari tradisi bakumpul ini.

3. Bakumpul Basudara Mengajarkan Kita Tentang Keikhlasan 

Jika bernilai sedekah, tentunya ada nilai keikhlasan yang menjadi faktor terpenting. Sedekah akan bernilai ibadah, jika kita lakukan dengan keikhlasan. Namun apakah hal tersebut telah kita lakukan...?. Perlu di renungi, bakumpul basudara tidak hanya menjadi trend untuk menunjukkan kekuatan finascial, melainkan sebagai salah satu momen untuk meningkatkan amalan ibadah kita nanti. 

Keihlasannlah point utamanya, bukan kuatitas sumbangsi, namun kwalitas pemberian tanpa paksaan, akan menjadi ukuran dimata Allah SWT.

Baca Juga : Berlibur Ke Pulau Tujuh Isau Maluku

4. Bakumpul Basudara Mengajarkan Arti Persaudaraan dan Silaturahmi 

Tradisi bakumpul basudara tentunya melibatkan semua warga siri sori islam, dalam satu lokasi/wilayah/daerah. Dengan menghadiri acara bakumpul basudara, kita warga siri sori islam akan saling mengenal satu sama lainnnya. 

Persaudaraan ini akan selalu terjaga, bahkan silaturahmi agar saling mengenal satu sama lainnya, dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama warga Siri Sori Islam.

Itulah makna penting bakumpul basudara bagi warga Siri Sori Islam, semoga kita semua diperbanyak rizki dan selalu diberikan kekuatan untuk selalu memperbanyak amalan-amalan terbaik, untuk bekal kita nanti. Wassalam...

Tulis Komentar Anda

1. Silahkan berkomentar sesui topik.
2. Hindari komentar mengandung Jud*, Ob*t, p*rno.
3. Trima kasih untuk kalian yang telah berkomentar.

Lebih baru Lebih lama