9 Ikon Kota Masohi Layak Jadi Spot Foto

9 Ikon Kota Masohi Layak Jadi Spot Foto - Kota Masohi, ibu kota Kabupaten Maluku Tengah salah satu kota yang berada di Provinsi Maluku. 

Kota Masohi adalah kota tertua di Maluku yang berdiri pada tahun 1957. Kota Masohi dari dulu hingga kini kerap dikaitkan dengan berdirinya Negara Republik Indonesia, ini dikarenakan para leluhur Maluku ikut berjuang dalam menumpas dan mengusir penjajah di wilayah Maluku. 

Sebut saja Kapitan Pattimura, Said Perintah, Cristina Martha Tiahahu dan masih banyak lagi lainnya. Mereka adalah sederet nama pejuang kemerdekaan yang telah tersohor di seantero Nusantara. Mereka berjuang keras dalam menumpas penjajah. Saat ini kita bisa hidup dengan damai dan tenang adalah berkat keberanian dan perjuangan para punggawa kemerdekaan itu.

Baca Juga : 5 Lokasi Foto Terbaik Di Kota Masohi

Setelah Indonesia meraih kemerdekaan, presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno, mulai berkunjung ke daerah-daerah untuk membentuk beberapa provinsi dan Kabupaten Kota, salah satunya dengan diresmikannya kota Masohi. 

Peletakan batu pertama dilakukan oleh presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno. Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Kota Masohi, kalian bisa kunjungi wikipedia tentang Kota Masohi.

Kota masohi dari masa ke masa telah menampakkan perubahan. Pembangunan infrastruktur Kota Masohi sangatlah pesat. Mulai dari infrastruktur perkantoran, transportasi, layanan  publik hingga fasilitas publik. 

Fasilitas publik ini dibangun untuk menciptakan kenyamanan bagi warga kota masohi. Selain itu sekaligus membuka ruang dalam menciptakan lapangan kerja baru.

Beberapa fasilitas publik andalan Kota Masohi ini, dapat menjadi pilihan bagi kalian warga kota masohi maupun yang ada di luar Kota Masohi. 

Baca Juga : Vietnam Drip Ala Raissa Cafe dan Sunset Kota Masohi

Beberapa fasilitas yang telah dibangun pemerintah daerah kini telah menjadi icon Kota Masohi dan keren jika dijadikan sebagai spot untuk berfoto. 

1. Dulang Patita Ina Marina 

Dulang Patita Ina Marina

Dulang Patita adalah dua kata yang memiliki arti berbeda, dulang adalah tempat atau meja tempat menaruh makanan, patita adalah makan bersama. Dengan demikian pemberian nama Dulang patita memiliki arti tempat untuk makan bersama. 

Hal ini sejalan dengan fungsi dari dulang patita sebagai tempat atau lokasi sajian kuliner. Bagi kalian yang mau menikmati kuliner silahkan berkinjung ke dulang patita. Disana terdapat lebih dari 20 pedagang kuliner.

2. Taman Rawa Kampung Kodok

Taman Rawa Kampung Kodok

Taman Rawa Kampung Kodok sementara dalam pembangunan dan hampir rampung. Kawasan rawa  yang dulunya tidak terawat dengan baik, kini telah disulap menjadi tempat wisata yang unik dan menarik. Untuk kalian yang senang mencari spot pengambilan gambar unik dan menarik, lokasi ini sangat pas buat kalian. Selain spot foto, bersantai bersama keluarga juga sangat cocok dilokasi taman rawa ini, apalagi sambil menikmati tenangnya air di rawa kampung kodok, pasti kesannya sangat menyenangkan.

3. Tugu Pamahanu Nusa

Tugu Pamahanu Nusa

Kalau tugu Pamahanu Nusa sudah sejak dulu berdiri tegak sebagai tugu yang menggambarkan corak kehidupan masyarakat kota masohi dengan makna filosofi semangat gotong royong. Namun penampilan tugu paling tua di Kota Masohi ini tidak seperti dulu lagi. Tugu pamahanu nusa telah dipercantik dengan taman di sekitar area tugu, ini lebih menambah keindahan disekitaran tugu, aplagi dijadikan sebagai lokasi foto juga tidak kalah keren. Untuk kalian yang ingin bersantai ada gazebo yang sudah disediakan di area tugu, kalian dapat bersantai kapan saja bersama keluaraga tercinta maupun teman kalian.

Baca Juga : 3 Benteng Wisata Sejarah Perjuangan Rakyat Banda Neira

4. Halte Pelangi

Halte Pelangi

Halte pelangi berada di pesisir pantai ina marina, yang membuat untik dan berbeda dengan halte-halte pada umumnya adalah warnanya yang unik dan lokasinya yang strategis. Berada didekat pantai sangat istimewa untuk menikmati indahnya pesisir pantai ina marina. Selain itu pemandangan indah dulang patita yang bersebelahan dengan halte, menjadi latar belakang baground untuk kebutuhan pengambilan gambar, rasanya rugi jika kalian melewatinya.

5. Masjid Agung Ibnu Abdullah Kota Masohi 

Masjid Agung Ibnu Abdullah Kota Masohi

Tidak salah juga jika masjid agung Ibnu Abdullah masuk menjadi salah satu ikon kota Masohi. Masjid yang berdiri tepat di pusat kota Masohi ini, selain memiliki lahan yang luas, desain bangunan yang yang indah, taman di areal masjid menjadikan masjid terbesar dikota Masohi ini menjadi salah satu spot foto bagi kalangan muda mudi di Kota Masohi 

6. Taman Trotoar Jalan Ir. Soekarno

Taman Trotoar Jalan Ir. Soekarno

Disepanjang jalan protokol atau saat ini Jl. Ir. Soekarno, telah dibangun Taman dan jalan untuk pejalan kaki. Uniknya lagi taman trotoar ditanami tanaman-tanam unik, bunga, dan pepohonan yang rindang. Ada juga tempat duduk untuk peristirahatan pejalan kaki, dan juga dapat digunakan untuk bersantai. 

7. Tugu Kora Kora

Tugu Kora Kora

Tugu kora-kora berada tepat di tengah Kota Masohi, dikelilingi jalan ditengah pusat kota, tugu ini menjadi ikon kota masohi yang tidak dapat dilewati. Jika ingin berfoto kalian wajib hati-hati ya, sebab tugu kora-kora sering dilewati kendaraan bermotor maupun mobil diseputaran tugu. 

8. Patung Ir. Soekarno dan Baileo (Pendopo Bupati)

Patung Ir. Soekarno dan Baileo (Pendopo Bupati)

Patung Ir. Soekarno dibangun untuk mengenang sang maestro presiden Republik Indonesia Pertama itu. Bagi warga kota Masohi Ir. Soekarno tidak hanya sebagai presiden Indonesia, melainkan beliau memiliki ikatan kedekatan secara emosional dengan Kota Masohi. 

Peletakan batu pertama dalam rangka peresmian dan pembukaan kota Masohi adalah sejarah yang melekat dihati seluruh warga Kota Masohi. Jasa beliau dikenang dengan dibngunnya monumen bersejarah patung Ir. Soekarno yang berada didepan Baileo atau pendopo Bupati. 


Patung tersebut berdiri gagah nan indah, masyarakat kota Masohi sering mengabadikan momen dengan keluaraga, teman dan bahkan relasi di bawah patung tersebut. Jika memang kalian ada agenda untuk berkunjung ke kota Masohi, jangan lupa mampir dan berfoto di patung soekarno.  

9. Jembatan Layang Ina Marina 

Jembatan Layang Ina Marina

Jembatan layang ina marina sekalipun belum rampung kayaknya tidak salah kalau kita masukkan untuk ikon kota masohi. Dari proses pembangunan saja sudah menampakkan hasil yang luar biasa. Jika nantinya jembatan layang ini kelar dibangun admin yakin tempat ini akan menjadi salah satu spot terbaik.

Nah, itulah 9 ikon kota Masohi yang layak jadi spot foto bagi kalian yang suka dengan tempat- tempat indah. Sekian salam gotong royong untuk Masohi Kota Indah dan damai.

Tulis Komentar Anda

1. Silahkan berkomentar sesui topik.
2. Hindari komentar mengandung Jud*, Ob*t, p*rno.
3. Trima kasih untuk kalian yang telah berkomentar.

Lebih baru Lebih lama